Minggu, 18 Oktober 2015

AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM HADITS PERINTAH SHALAT DI PONDOK PESANTREN SABILUL MUTTAQIN DARAMISTA LENTENG SUMENEP



AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM HADITS PERINTAH SHALAT DI PONDOK PESANTREN SABILUL MUTTAQIN DARAMISTA LENTENG SUMENEP
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

SKRIPSI

Diajukan kepada
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA) Sumenep
Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan dalam Memperoleh
Gelar Sarjana Stara Satu (S.1) Pendidikan Agama Islam




Oleh:
HAIRUL UMAM

NIM: 2011117011470
NIMKO: 2011.4.117.0001.1.01438

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINNGI ILMU TARBIYAH AQIDAH USYMUNI
(STITA)
TARATE PANDIAN SUMENEP
2015

LEMBAR PERSETUJUAN

Nama
NIM
NIMKO
Judul Penelitian
HAIRUL UMAM
: 2011117011470
: 2011.4.117.0001.1.01438
: Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan dalam Hadits Perintah Shalat di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2015/2016.
.

Telah diperiksa, dikoreksi, dan dibimbing sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk disidangkan pada Ujian Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA) Terate Pandian Sumenep pada tanggal, 04 Oktober 2015.

                 

Sumenep, 04 Oktober 2015
Dosen Pembimbing I,


KH. IMAM HENDRIYADI, S.Ag, M.Si



      ...........................................

Dosen Pembimbing II,


SYAFA’AT, S.Ag, M, Pd.I,




      ...........................................

       
Mengetahui
Ketua Prodi PAI STITA Sumenep


SITI NUR ASIYAH M.Pd.I
LEMBAR PENGESAHAN

Nama
Nim
Nimko
Judul Penelitian
: Hairul Umam
: 2011117011470
: 2011.4.117.0001.1.01438
: Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan dalam Hadits Perintah Shalat di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2015/2016.


Telah dipertahankan di depan Dewan Penguji Proposal Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA)pada tanggal, 04 Oktober 2015.


Dewan Penguji
Penguji I,




...............................................

Penguji II,




.............................................

Penguji III,


     ..............................................

Mengetahui,
Ketua STITA Sumenep


Dr. KH. SAFRAJI, M.Pd. I,
NIDN.21 10065701
SURAT PERNYATAAN


Dengan ini, saya :
Nama
: Hairul Umam
NIM
: 2011117011470
NIMKO
: 2011.4.117.0001.1.01438
Jenjang
: Strata Satu (S.1)
Jurusan
: Pendidikan Agama Islam



Menyatakan bahwa Skripsi dengan judul “Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan dalam Hadits Perintah Shalat di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2015/2016.” hasil karya saya sendiri (bukan hasil jiplakan /plagiasi) kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk sumbernya dan tidak pernah diajukan pada lembaga tinggi manapun sebagai salah satu syarat mendapat gelar akademik.










Sumenep, ................................2015
Yang menyatakan,



Hairul Umam

MOTTO


مُرُوْا اَولاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ اَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِيْنَ وَاضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ اَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِى الْمَضَاجِعِ (رواه أبو داود)
Suruhlah  olehmu  anak-anakmu  itu melaksanakan shalat,  apabila  ia  sudah berumur tujuh tahun dan apabila ia berumur sepuluh tahun hendaklah dipukul kalau tidak melaksanakan shalat dan pisahkanlah tempat tidurnya (HR Abu Daud)


PERSEMBAHAN

Skripsi ini akan saya persembahkan pada:
·        Ayah dan Ibu (Muhammad dan Isa) yang saya hormati dan cintai dengan segala pemberiannya hingga tidak akan pernah cukup untuk membalasnya dengan apa pun yang akan saya perbuat.
·        Semua guru-guru yang telah memberikan segenap keikhlasan dalam membimbing, mendidik, dan menuntun saya dalam segala hal.
·        Kawan-kawan semua yang tidak dapat saya sebutkan secara terperinci.
·        Semua keluarga yang telah memberi saya harapan dan perhatian.
·        Almamater yang telah menerima keberadaan saya.


KATA PENGANTAR

بسم الله الرحمن الرحيم
أَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعلَمِيْنَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهَ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى أَشْرَفِ ألأَنْبِيَاءِ وَ الْمُرْسَلِيْنَ وَ عَلى ألِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ.
Segala puji atas segala keagungan-Mu yang telah memberi segala hal dalam menjalani kehidupan ini. Semoga kata salam dapat tersampaikan dan dapat diterima sebagi pengikutnya.
Saya sadari dalam penulisan ini bahwa banyak yang terlibat sehingga jasa-jasanya tidak dapat tergantikan. Maka sepantasnya saya menghaturkan terima kasih yang tidak terhingga kepada mereka:
1.      Bapak Dr. KH. Syafraji, M.Pd.I selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usmuni Terate Pandian Sumenep.
  1. Subhan Wahyudi Ibnu, S.Ma, wakil ketua I bidang akademik STITA Usymuni Terate Sumenep.
  2. Siti Aisyah S.Sos wakil ketua II bidang administrasi dan keuangan STIT Aqidah Usymuni Terate Sumenep.
  3. Musthafa, S.Ag. M.Pd.I wakil ketua III bidang kemahasiswaan STIT Aqidah Usymuni Terate Sumenep
  4. Siti Nur Asiyah, M.Pd. I, Ketua Prodi PAI STITA Usymuni Terate Sumenep.
  5. KH. Imam Hendriyadi, S.Ag, M.Si, Dosen Pembimbing I yang telah sudi memberikan bimbingan sampai selesai penulisan proposal ini.
  6. Syafa’at, S.Ag, M,Pd.I, Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan bimbingan sampai selesai penulisan proposal ini.
  7. Ayah dan Ibunda dan seluruh keluarga di rumah yang selalu memberi dorongan moril dan materil serta do'a restu dalam mengarungi bahtera ilmu, yang telah mengasuh, membimbing, dan mengarahkan dalam setiap langkah nanda dengan ketulusan hati dan kesabaran.
  8. Jajaran Pengasuh dan Pengurus Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin yang telah memberikan izin dalam proses penulisan ini
  9. Dan semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyelesaian skripsi ini.
11.  Semua guru-guru yang telah memberikan saya pengetahuannya untuk diajarkan dan diamalkan.
Dengan ini akhirnya, penyusun haturkan segala hasrat kepada Allah agar mereka diberi kebesaran hati serta keluasan hati dalam menghadapi perjalanan hidupnya. Amîn!
Sumenep, 04 Oktober 2015
     Penulis


DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL............................................................................................... i
HALAMAN JUDUL................................................................................................... ii
HALAMAN PERSETUJUAN.................................................................................... iii
HALAMAN PENGESAHAN..................................................................................... iv
HALAMAN PERNYATAAN.................................................................................... v
HALAMAN MOTTO................................................................................................. vi
HALAMAN PERSEMBAHAN.................................................................................. vii
KATA PENGANTAR................................................................................................ viii
DAFTAR ISI.............................................................................................................. ix
ABSTRAK................................................................................................................. x
BAB I       :    PENDAHULUAN
A.       Konteks Penelitian........................................................................... 1
B.       Fokus Penelitian.............................................................................. 4
C.       Tujuan Penelitian.............................................................................. 4
D.       Kegunaan Penelitian......................................................................... 4
E.        Alasan Memilih Judul....................................................................... 5
F.        Batasan Istilah Dalam Judul.............................................................. 5
G.       Sistematika Pembahasan.................................................................. 6

BAB II    :    KAJIAN PUSTAKA
A.       Kandungan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Hadits................ 7
B.       Implikasi Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Hadits Perintah Salat Terhadap Pendidikan Anak Dalam Islam.......................................................................................... 26
BAB III   :... METODE PENELITIAN
A.       Pendekatan dan Jenis Penelitian................................................... 38
B.       Kehadiran Peneliti....................................................................... 38
C.       Lokasi Penelitia........................................................................... 39
D.       Sumber Data.............................................................................. 39
E.        Prosedur Pengumpulan Data....................................................... 40
F.        Analisis Data............................................................................... 41
G.       Pengecekan Keabsahan.............................................................. 42
H.       Tahap Penelitian.......................................................................... 43
BAB IV   :    LAPORAN PENELITIAN
A.       Paparan Data dan Temuan Penelitian........................................... 45
B.       Pembahasan............................................................................... 53
BAB V     :... PENUTUP
A.       Kesimpulan ................................................................................ 55
B.       Saran-Saran............................................................................... 56
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 57
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

ABSTRAK

HAIRUL UMAM, Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan dalam Hadits Perintah Shalat di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep tahun pelajaran 2015/2016. Pembimbing I: KH. Imam Hendriyadi, S.Ag, M.Si. Pembimbing II: Syafa’at, S.Ag, M, Pd.I,

Kata Kunci       : Nilai-nilai pendidikan, hadits perintah shalat
Rosulullah bersabda :
 مُرُوْا اَولاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ اَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِيْنَ وَاضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ اَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِى الْمَضَاجِعِ.
 Suruhlah  olehmu  anak-anakmu  itu melaksanakan shalat,  apabila  ia  sudah berumur tujuh tahun dan apabila ia berumur sepuluh tahun hendaklah dipukul kalau tidak melaksanakan shalat dan pisahkanlah tempat tidurnya (HR Abu Daud)
Yakni berusaha mengkaji lebih dalam hadits perintah shalat bagi anak. Apa saja nilai pendidikan Islam yang terkandung didalamnya sekaligus bagaimana implikasinya kepada pendidikan anak dalam Islam.  
Hadits riwayat Imam Abu Daud adalah hadits yang akan penulis teliti. Seperti halnya telah penulis tuliskan diatas. Karena hadist tersebut penulis anggap hadits yang bermuatan pendidikan. Terutama pendidikan terhadap anak.
Dalam penelitian tersebut penulis menggunakan metode penelitian;1. Jenis penelitian, yakni penelitian lapangan (field research) yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang dapat diperoleh dari perpustakaan.2. Sifat penelitian, yakni  deskriptif-analisis yaitu pemaparan apa adanya terdapat apa yang dimaksud dalam teks dengan cara memfrasekan dengan bahasa peneliti. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalamnya ialah;  a. Nilai Pendidikan Keimanan. b. Nilai Pendidikan Ibadah. c. Nilai Pendidikan Akhlaq. d.Nilai Pendidikan Seks Bagi Anak.  Sedangkan implikasinya ialah; a. Nilai-nilai pendidikan Islam dapat dijadikan alat pengubah anak didik melalui proses pendidikan baik, dapat digunakan sebagai pedoman (patokan) dalam pengabdian seorang hamba kepada Tuhannya, diaplikasikam guna membentuk manusia yang bertaqwa melalui ibadah mahdloh maupum ghairu mahdlohnya dan dapat diterapkan atau dilibatkan dalam pengasuhan anak melalui proses pendidikan, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.  b. Pendidikan Keimanan, Pendidikan Ibadah, Pendidilkan Akhlaq dan Pendidikan Seks Bagi Anak. Nilai-nilai tersebut dapat diterapkan atau dilibatkan dalam setiap lini pendidikan anak dalam Islam.
            Sedangkan bentuk aktualsasi nilai pendidikan di pondok pesantren Sabilul Muttaqin ditekankan pada nilai pendidikan akhlak. Karena dengan adanya pendidikan akhlak yang sudah tertanam dalam diri seorang akan memberikan dampak prilaku yang baik terhadap santri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar