AKTUALISASI
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM HADITS PERINTAH SHALAT DI PONDOK PESANTREN SABILUL
MUTTAQIN DARAMISTA LENTENG SUMENEP
TAHUN
PELAJARAN 2015-2016
SKRIPSI
Diajukan kepada
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
Aqidah Usymuni (STITA) Sumenep
Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan dalam Memperoleh
Gelar Sarjana Stara Satu (S.1) Pendidikan Agama Islam
Oleh:
HAIRUL UMAM
NIM: 2011117011470
NIMKO: 2011.4.117.0001.1.01438
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM
SEKOLAH TINNGI ILMU TARBIYAH
AQIDAH USYMUNI
(STITA)
TARATE PANDIAN SUMENEP
2015
LEMBAR PERSETUJUAN
Nama
NIM
NIMKO
Judul Penelitian
|
HAIRUL UMAM
: 2011117011470
: 2011.4.117.0001.1.01438
: Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan dalam Hadits Perintah
Shalat di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep Tahun
Pelajaran 2015/2016.
.
|
Telah diperiksa, dikoreksi,
dan dibimbing sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk disidangkan pada Ujian
Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA) Terate Pandian
Sumenep pada tanggal, 04 Oktober 2015.
|
Sumenep, 04 Oktober 2015
|
Dosen Pembimbing I,
KH. IMAM HENDRIYADI, S.Ag, M.Si
|
...........................................
|
Dosen Pembimbing II,
SYAFA’AT, S.Ag, M, Pd.I,
|
...........................................
|
Mengetahui
Ketua Prodi
PAI STITA Sumenep
SITI NUR ASIYAH M.Pd.I
LEMBAR PENGESAHAN
Nama
Nim
Nimko
Judul Penelitian
|
:
Hairul Umam
: 2011117011470
: 2011.4.117.0001.1.01438
: Aktualisasi
Nilai-Nilai Pendidikan dalam Hadits Perintah Shalat di Pondok Pesantren
Sabilul Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2015/2016.
|
Telah dipertahankan di depan
Dewan Penguji Proposal Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah
Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA)pada tanggal, 04 Oktober 2015.
Dewan
Penguji
Penguji I,
|
...............................................
|
|
Penguji II,
|
.............................................
|
|
Penguji III,
|
..............................................
|
|
Mengetahui,
Ketua STITA Sumenep
Dr. KH. SAFRAJI, M.Pd. I,
NIDN.21
10065701
|
SURAT PERNYATAAN
Dengan ini, saya :
Nama
|
: Hairul Umam
|
NIM
|
: 2011117011470
|
NIMKO
|
: 2011.4.117.0001.1.01438
|
Jenjang
|
: Strata Satu (S.1)
|
Jurusan
|
: Pendidikan Agama Islam
|
Menyatakan
bahwa Skripsi dengan judul “Aktualisasi Nilai-Nilai
Pendidikan dalam Hadits Perintah Shalat di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin
Daramista Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2015/2016.” hasil karya saya sendiri (bukan
hasil jiplakan /plagiasi) kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk sumbernya dan
tidak pernah diajukan pada lembaga tinggi manapun sebagai salah satu syarat
mendapat gelar akademik.
|
Sumenep, ................................2015
Yang menyatakan,
|
|
Hairul Umam
|
MOTTO
مُرُوْا اَولاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ
وَهُمْ اَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِيْنَ وَاضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ اَبْنَاءُ
عَشْرٍ وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِى الْمَضَاجِعِ (رواه أبو داود)
Suruhlah olehmu
anak-anakmu itu melaksanakan
shalat, apabila ia
sudah berumur tujuh tahun dan apabila ia berumur
sepuluh tahun hendaklah dipukul kalau tidak melaksanakan shalat dan pisahkanlah tempat tidurnya
(HR Abu Daud)
PERSEMBAHAN
Skripsi ini akan saya persembahkan pada:
·
Ayah dan Ibu (Muhammad dan Isa) yang saya hormati dan cintai dengan
segala pemberiannya hingga tidak akan pernah cukup untuk membalasnya dengan apa
pun yang akan saya perbuat.
·
Semua guru-guru yang telah memberikan segenap keikhlasan dalam
membimbing, mendidik, dan menuntun saya dalam segala hal.
·
Kawan-kawan semua yang tidak dapat saya sebutkan secara terperinci.
·
Semua keluarga yang telah memberi saya harapan dan perhatian.
·
Almamater yang telah menerima keberadaan saya.
KATA PENGANTAR
بسم الله الرحمن الرحيم
أَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعلَمِيْنَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ
إِلهَ إِلاَّ اللهَ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى أَشْرَفِ ألأَنْبِيَاءِ وَ الْمُرْسَلِيْنَ وَ
عَلى ألِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ.
Segala puji atas segala
keagungan-Mu yang telah memberi segala hal dalam menjalani kehidupan ini.
Semoga kata salam dapat tersampaikan dan dapat diterima sebagi pengikutnya.
Saya sadari dalam penulisan
ini bahwa banyak yang terlibat sehingga jasa-jasanya tidak dapat tergantikan.
Maka sepantasnya saya menghaturkan terima kasih yang tidak terhingga kepada
mereka:
1.
Bapak Dr. KH. Syafraji, M.Pd.I selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usmuni
Terate Pandian Sumenep.
- Subhan Wahyudi Ibnu, S.Ma, wakil ketua I bidang akademik STITA Usymuni Terate Sumenep.
- Siti Aisyah S.Sos wakil ketua II bidang administrasi dan keuangan STIT Aqidah Usymuni Terate Sumenep.
- Musthafa, S.Ag. M.Pd.I wakil ketua III bidang kemahasiswaan STIT Aqidah Usymuni Terate Sumenep
- Siti Nur Asiyah, M.Pd. I, Ketua Prodi PAI STITA Usymuni Terate Sumenep.
- KH. Imam Hendriyadi, S.Ag, M.Si, Dosen Pembimbing I yang telah sudi memberikan bimbingan sampai selesai penulisan proposal ini.
- Syafa’at, S.Ag, M,Pd.I, Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan bimbingan sampai selesai penulisan proposal ini.
- Ayah dan Ibunda dan seluruh keluarga di rumah yang selalu memberi dorongan moril dan materil serta do'a restu dalam mengarungi bahtera ilmu, yang telah mengasuh, membimbing, dan mengarahkan dalam setiap langkah nanda dengan ketulusan hati dan kesabaran.
- Jajaran Pengasuh dan Pengurus Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin yang telah memberikan izin dalam proses penulisan ini
- Dan semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyelesaian skripsi ini.
11.
Semua guru-guru yang telah
memberikan saya pengetahuannya untuk diajarkan dan diamalkan.
Dengan ini akhirnya, penyusun
haturkan segala hasrat kepada Allah agar mereka diberi kebesaran hati serta
keluasan hati dalam menghadapi perjalanan hidupnya. Amîn!
Sumenep, 04
Oktober 2015
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL............................................................................................... i
HALAMAN JUDUL................................................................................................... ii
HALAMAN PERSETUJUAN.................................................................................... iii
HALAMAN PENGESAHAN..................................................................................... iv
HALAMAN PERNYATAAN.................................................................................... v
HALAMAN MOTTO................................................................................................. vi
HALAMAN PERSEMBAHAN.................................................................................. vii
KATA PENGANTAR................................................................................................ viii
DAFTAR ISI.............................................................................................................. ix
ABSTRAK................................................................................................................. x
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Konteks Penelitian........................................................................... 1
B.
Fokus Penelitian.............................................................................. 4
C.
Tujuan Penelitian.............................................................................. 4
D.
Kegunaan Penelitian......................................................................... 4
E.
Alasan Memilih Judul....................................................................... 5
F.
Batasan Istilah Dalam Judul.............................................................. 5
G.
Sistematika Pembahasan.................................................................. 6
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
A.
Kandungan Nilai-Nilai
Pendidikan Islam Dalam Hadits................ 7
B.
Implikasi Nilai-Nilai
Pendidikan Dalam Hadits Perintah Salat Terhadap Pendidikan Anak Dalam Islam.......................................................................................... 26
BAB III :... METODE PENELITIAN
A.
Pendekatan
dan Jenis Penelitian................................................... 38
B.
Kehadiran
Peneliti....................................................................... 38
C.
Lokasi
Penelitia........................................................................... 39
D.
Sumber
Data.............................................................................. 39
E.
Prosedur
Pengumpulan Data....................................................... 40
F.
Analisis
Data............................................................................... 41
G.
Pengecekan
Keabsahan.............................................................. 42
H.
Tahap
Penelitian.......................................................................... 43
BAB IV : LAPORAN PENELITIAN
A.
Paparan
Data dan Temuan Penelitian........................................... 45
B. Pembahasan............................................................................... 53
BAB V :... PENUTUP
A.
Kesimpulan ................................................................................ 55
B.
Saran-Saran............................................................................... 56
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 57
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
ABSTRAK
HAIRUL UMAM, Aktualisasi Nilai-Nilai
Pendidikan dalam
Hadits Perintah Shalat di Pondok Pesantren Sabilul
Muttaqin Daramista Lenteng Sumenep tahun pelajaran 2015/2016. Pembimbing I: KH. Imam Hendriyadi, S.Ag, M.Si.
Pembimbing II: Syafa’at, S.Ag, M, Pd.I,
Kata Kunci : Nilai-nilai pendidikan, hadits perintah
shalat
Rosulullah
bersabda :
مُرُوْا اَولاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ اَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِيْنَ
وَاضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ اَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِى
الْمَضَاجِعِ.
“Suruhlah
olehmu anak-anakmu itu melaksanakan shalat, apabila
ia sudah berumur tujuh tahun dan
apabila ia berumur sepuluh tahun hendaklah dipukul kalau tidak melaksanakan
shalat dan pisahkanlah tempat tidurnya” (HR
Abu Daud)
Yakni berusaha mengkaji lebih dalam hadits
perintah shalat bagi anak. Apa saja nilai pendidikan Islam yang terkandung
didalamnya sekaligus bagaimana implikasinya kepada pendidikan anak dalam
Islam.
Hadits riwayat Imam Abu Daud adalah
hadits yang akan penulis teliti. Seperti halnya telah penulis tuliskan diatas.
Karena hadist tersebut penulis anggap hadits yang bermuatan pendidikan.
Terutama pendidikan terhadap anak.
Dalam penelitian tersebut penulis
menggunakan metode penelitian;1. Jenis penelitian, yakni penelitian lapangan
(field research) yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan
bermacam-macam materi yang dapat diperoleh dari perpustakaan.2. Sifat penelitian,
yakni deskriptif-analisis yaitu
pemaparan apa adanya terdapat apa yang dimaksud dalam teks dengan cara
memfrasekan dengan bahasa peneliti. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang
terkandung didalamnya ialah; a. Nilai Pendidikan Keimanan. b. Nilai Pendidikan Ibadah. c. Nilai Pendidikan Akhlaq. d.Nilai Pendidikan Seks Bagi Anak. Sedangkan implikasinya ialah; a. Nilai-nilai
pendidikan Islam dapat dijadikan alat pengubah anak didik melalui proses
pendidikan baik, dapat digunakan sebagai pedoman (patokan) dalam pengabdian
seorang hamba kepada Tuhannya, diaplikasikam guna membentuk manusia yang
bertaqwa melalui ibadah mahdloh maupum ghairu mahdlohnya dan dapat diterapkan
atau dilibatkan dalam pengasuhan anak melalui proses pendidikan, baik di
lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. b. Pendidikan Keimanan, Pendidikan Ibadah,
Pendidilkan Akhlaq dan Pendidikan Seks Bagi Anak. Nilai-nilai tersebut dapat
diterapkan atau dilibatkan dalam setiap lini pendidikan anak dalam Islam.
Sedangkan bentuk aktualsasi nilai
pendidikan di pondok pesantren Sabilul Muttaqin ditekankan pada nilai
pendidikan akhlak. Karena dengan adanya pendidikan akhlak yang sudah tertanam
dalam diri seorang akan memberikan dampak prilaku yang baik terhadap santri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar